oleh

Ulama Memiliki Peranan Penting Membimbing Umat ke Jalan yang Baik

JakartaInframe.com – Dalam rangka menjaga tali persatuan, Ustadz Rizal Maulana (Ustadz Asyik) menggelar Forum Silaturahmi Dakwah Kebangsaan dengan tema “Menjaga, Memelihara Persatuan dan Kesatuan Umat” di Amarossa Hotel Cipete, Jakarta Selatan, Rabu (18/11/2020) lalu.

Ustadz Rizal Maulana mengatakan dengan adanya acara tersebut dirinya menegaskan kembali peran dan tugas Ulama di tengah masyarakat.

Dimana Ulama merupakan tokoh agama yang memiliki keilmuan, akhlak dan wawasan agama yang luas.

“Sehingga dapat diharapkan peran serta keberadaannya di tengah masyarakat membawa manfaat. Oleh karena itu Ulama memiliki label pewaris Nabi karena bisa memberikan keteladanan beliau,” katanya melalui keterangan tertulis, Jumat (20/11).

Ulama, lanjut dia, memiliki peranan penting untuk berdakwah sehingga bisa membimbing umat. Memberikan contoh dan teladan yang baik kepada masyarakat, serta melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar.

“Ulama juga harus memberikan penjelasan kepada masyakarat terhadap berbagai macam ajaran Islam yang bersumber dari Al Qur’an dan As sunnah. Serta bisa memberikan solusi bagi persoalan umat dan membentuk kehidupan masyarakat yang bermoral dan berakhlak,” katanya.

Selain itu, sambung Rizal, Ulama juga bisa menjadi penyejuk di dalam setiap keadaan. Dai atau Ulama bisa berperan serta memberikan penjelasan tentang bahayanya berita bohong atau hoax yang beredar.

“Untuk itu pentingnya memperkuat sinergitas para Ulama, Polri dan Pemerintah bersama-sama demi terlaksananya kelancaran pembangunan dan terjaganya NKRI,” tegasnya.

Ustadz Asyik menjelaskan tujuan dibuatnya acara tersebut adalah sebagai rasa prihatin atas keadaan ini.

Dimana banyak beredar berita-berita hoax, untuk itu kegiatan ini adalah momen untuk memberikan duplikasi akan pentingnya peran Ulama dalam masyarakat.

“Forum Silaturahmi Kebangsaan ini sangat mendukung pemerintah dan aparat untuk bergandengan tangan bersama-sama agar bisa duduk bersama dalam membangun negara yang tercinta ini,” ungkapnya.

Adapun acara tersebut dihadiri oleh Ulama dari MUI Pusat, perwakilan dari Polda Metro Jaya serta 50 ketua dan sekjen ormas Islam, pemuda dan masyarakat.

Komentar

News Feed