oleh

Pusat Perbelanjaan Dibuka, Mendag Berharap Konsumsi Rumah Tangga Tidak Terjerembab

JakartaInframe – Pusat perbelanjaan sudah mulai dibuka, Menteri Perdagangan (Mendag) M. Luthfi berharap tingkat konsumsi rumah tangga pada kuartal III 2021 tidak terjerembab.

‘’Salah satu alasan kenapa pusat perbelanjaan kita buka karena ingin memastikan pemulihan dan ekonomi terus berjalan,’’ kata Mendag, M. Luthfi dalam siaran pers, Rabu, 10 Agustus 2021.

Dia melanjutkan, pada kuartal III tingkat konsumsi rumah tangga akan menurun dipicu oleh PPKM.

Namun Mendag berharap tingkat konsumsi tersebut tidak terjerembab terlalu dalam karena tertolong oleh dibukanya kembali pusat perbelanjaan.

‘’Ada penurunan saya pikir logis karena kita sudah lima minggu PPKM. Harapannya pada kuartal berikutnya bisa meningkat lagi,’’ ujar dia.

Konsumsi rumah tangga menurut M. Luthfi merupakan elemen penting pertumbuhan ekonomi mengingat kuartal II 2021, sektor ini tumbuh 5,93 persen.

‘’Bahkan mencapai porsi 57 persen dari total struktur pertumbuhan ekonomi di Indonesia,’’ tutur dia.

‘’Kita akan buka dan disiplin serta tida menjadikan mal sebagai pusat penyebaran covid-19,’’ sambung Luthfi.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Sadiin mengatakan bahwa masyarakat mesti membiasakan diri melakukan penerapan protokol kesehatan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk penerapan ketika mengunjungi pusat perbelanjaan.

‘’Ya dalam percobaan ada trial dan error. Kita akan mencari formula yang tepat sehingga kesehatan dikedepankan, tetapi perekonomian juga bisa diperhatikan,’’ terang Menkes. ***

 

Komentar

News Feed