oleh

Presiden Jokowi, Erick Thohir Hingga Dirut PLN Digugat Terkait Proyek SUTET

JakartaInframe.com – Presiden Joko Widodo, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Direktur Utama (Dirut) PLN Zulkifli Zaini digugat di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) terkait proyek pemasangan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500Kv Kembangan-Cikupa-Balaraja.

Gugatan perdata ke PN Jakpus yang didaftarkan oleh LSM Goverment Againts Corruption & Discrimintaion (GACD) pada Senin 4 Januari 2021 lalu sebagaimana dimaksud Pasal 42 No.7 Huruf K Perpres No.60 Tahun 2020 tanggal 16 April 2020.

Namun menurut Direktur GACD, Andar Situmorang, fakta dilapangan menunjukan hal berbeda. Dimana jalur SUTET menjadi Kembangan-Balaraja.

“Sepertinya PLN, Erick Thohir diduga kolusi sama Alam Sutera. Supaya SUTET ini jangan sampai melewati kompleks perumahan mereka, makanya dialihkan lewat tol. Sementara perintah Perpres adalah wajib lewat sini (Kembangan-Cikupa-Balaraja),” tutur Andar

“Jadi PLN disini atas pengetahuan dari Erick Tohir ini, SUTET ini dialihkan kaya gitu lah ada gambarnya,” imbuhnya.

Lebih jauh Andar menduga ada upaya pembusukan terhadap Jokowi dari dalam. Sebab, menurutnya tidak sesuainya pembangunan SUTET tersebut sama saja merusak nama baik dan merugikan mantan Wali Kota Solo.

“Sepertinya di sini terjadi pembusukan dari dalam, Presiden yang kami pilih, jangan sampai Anda dilengserkan sama mereka. Ini BUMN-BUMN ini kalau saya lihat banyak ‘kadrun’-nya,” kata dia.

Sementara, Direktur Investigasi GACD, Cristian Situmorang yang turut mendampingi Andar mendaftarkan gugatan, mengatakan bahwa jika mengikuti Peraturan Presiden (Perpres), maka PLN hanya menaikkan dari 150 Kv menjadi 500 Kv, karena sudah ada jalur SUTET sebelumnya.

“Tapi kenyataannya dari kami sendiri liat fakta di lapangan dialihkan dari sini, entah disini masih ada atau tidak kami tidak tau tapi yang kami liat dan survei di lapangan ini sedang terjadi. Ini jalan tol, di sebelah jalan tol ini sudah mulai pembangunan. Bahkan sudah ada yang sudah jadi,” jelas Cristian sambil menunjukkan bukti gambar.

Presiden Jokowi, Erick Thohir Hingga Direktur PLN Digugat Terkait Proyek SUTET
Bukti Jalur SUTET warna Biru Sesuai Perpres No. 60 Tahun 2020 dan Warna Kuning Disebut Sebagai Fakta Pengerjaan Di Lapangan.

Terkait perkara ini, GACD sendiri sebelumnya telah bersurat ke Dirut PLN Zulkifli Zaini, Menteri BUMN Erick Thohir dan Presiden Jokowi.

GACD juga telah mengirimkan surat ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisi VI dan Komisi VII DPR. Mereka menilai terdapat dugaan kejahatan jabatan yang mengarah ke dugaan korupsi dalam persoalan ini.

Komentar

News Feed