oleh

Mawar di Negeri Dongeng

Oleh: Jihan Raliby, Warga Gang Mawar di Negeri Dongeng

JakartaInframeChina menegaskan kembali komitmennya mendukung Afghanistan dan tidak akan mengintervensi isu-isu di Afghanistan.

Walau begitu, mereka akan menolong penyelesaian masalah dan restorasi damai di Afghanistan.

Taliban memiliki peranan penting untuk rekonsiliasi dan rekonstruksi Afghanistan,” ujar Wang Yi dalam keterangan pers Pemerintah China, Kamis, 29 Juli 2021

Seperti itulah statement negara besar dan adidaya, China. Negara yang berhasil membebaskan jutaan rakyatnya dari belenggu kemiskinan. Negara yang hari ini banyak dinanti bantuannya oleh negara-negara lain.

Sementara di negeri dongeng nan jauh disana lebih tertarik menguliti Taliban. Lebih tertarik membahas cara perebutan kekuasaan oleh Taliban yang di anggap ekstrim. Negeri dongeng ini memang suka mencampuri urusan rumah tangga orang dengan celaan – celaan receh.

Yah memang beda kontruksi berpikir negara besar dengan negeri dongeng.

Apapun langkah perebutan kekuasaan yang dilakukan Taliban kemarin, kenyataannya hari ini Taliban sudah menjadi sebuah Negara.

Suka tidak suka, pro ataupun kontra, kedepannya Taliban akan menjalin kerjasama dengan negara-negara dunia termasuk dengan Negeri Dongeng.

Taliban bisa saja membawa Afghanistan menjadi lebih terpuruk dari keadaan sebelumnya atau bahkan bisa lebih maju dari yang kita bayangkan. Ah sudahlah, itu rumah mereka.

Bukankah negeri dongeng hari ini penuh dengan kesengsaraan?

Korupsi yang mengakar, penegakan hukum yang kacau, peredaran drugs tak terbendung, belum lagi kasus pembunuhan masa lalu yang tidak pernah terungkap.

Ada baiknya kita berfikir bagaimana caranya agar negeri dongeng ini menjadi negeri yang maju. Itu saja! ***

Komentar

News Feed