Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus, Pasti Berhasil

Token Listrik Gagal

Jakartainframe.com – Seperti kita pahami bila sekarang ini PLN memakai listrik Prabayar atau token untuk pelayanannya. Walau masih tetap ada pemakai yang menggunakan listrik pascabayar seperti pada rumah saya, tetapi itu umumnya sekarang ini, listrik yang dipakai ialah jenis prabayar atau token isi.

Banyak keuntungan yang dapat Sahabat peroleh lho, saat memakai listrik prabayar (token). Misalnya :

  • Mempunyai kebebasan dalam tentukan jumlah kwh listrik yang hendak dipakai nantinya dengan sesuaikan harga beli.
  • Kita jadi tak perlu senam jantung menanti tagihan listrik di akhir bulan. Kita dapat sesuaikan sendiri bujet yang hendak dipersiapkan untuk keperluan listrik.

Tetapi disamping kelebihan itu, ada banyak kekurangan listrik prabayar, yakni listrik sering kali mendadak mati yang diakibatkan saldo habis.

Ini pasti mengganggu pekerjaan, apa lagi jika pekerjaan itu terkait dengan PC. Kita harus betul-betul memerhatikan isi saldo token tiap harinya, supaya tidak kecolongan semacam itu.

Tetapi sayang, terkadang token listrik yang di isi sering alami masalah dan tidak berhasil terisi.

Walau sebenarnya, jumlah kwh yang ada hampir mencapai limit dan akan segera mati. pikirkan , kita sekarang ini benar-benar memerlukan listrik, dan tidak boleh mati listrik sekarang ini.

Bagaimanakah cara Menagatasinya ?

Penyebab Token Listrik Tidak berhasil Terisi

Salah nomor ID meteran

Ini umum terjadi, sampai saldo token tidak bisa masuk ke information ID PLN punya sahabat.

Untuk Sahabat yang ingin memeriksa ID pelanggan PLN meteran listrik, umumnya pada kotak meteran PLN ada barcode, nah di bawah barcode itu ada deratan nomor ID pelanggan PLN. Sahabat dapat samakan apa ID pelanggan PLN itu telah benar atau mungkin tidak.

Salah Memasukkan Angka Token

Saat salah memasukkan ID token listrik, dapat menyebabkan meteran terblokir. Saat pemakai salah memasukkan nomor sekitar 3 kali, karena itu otomatis meteran akan terblokir.

Oleh karena itu seharusnya lebih teliti lagi dalam memasukkan nomor token listrik supaya sekali tulis langsung benar.

Jika meteran sahabat telah telanjur terblok, sahabat dapat menghubungi phone call 123, atau juga bisa dengan menghubungi pihak PLN di daerah sahabat.

Berikut ini beberapa penyebab lain yang mengakibatkan Token listrik tidak berhasil terisi.

Server PLN Error

Pada tiap token PLN, mempunyai nomor ID meteran yang terhubung langsung dengan server PLN. Untuk mengatasinya, sahabat perlu menunggu sampai server kembali normal supaya token dapat terisi.

Umumnya Server PLN akan mengalamai pemeliharaan pada jam 23:00 sampai 01:00, silakan tunggu hingga melewati waktu itu dan coba kembali.

Ada masalah pada Meteran Listrik

Umumnya, jika meteran listrik sahabat pada kondisi bermasalah, akan ada tulisan “cancel” / “Periksa” / “Blocked” dan tulisan yang lain. Ada tulisan-tulisan pada Meteran, memperlihatkan ada masalah pada meteran itu. Karena itu seharusnya, hubungi PLN 123 untuk mengetahui apa yang terjadi pada Meteran sahabat.

KWH Over limit

Artinya, kwh yang sahabat masukan ke meteran telah melewati batas maksimum dalam satu bulan.

KWH Over limit ini ditujukan supaya sahabat dapat memakai listrik yang tidak terlalu berlebih dan dapat semakin hemat listrik perbulannya.

Karena itu bila sahabat sudah mengetahui penyebabnya ialah KWH over limit, seharusnya untuk bulan-bulan selanjutnya lebih bijak dalam memakai energi listrik.

Cara mengatasi token Listrik yang gagal Input

Dikutip dari kumparan.com, ada teknik tertentu yang dapat sahabat lakukan saat meteran listrik tidak berhasil terisi, yakni :

  1. Coba reset meteran dengan Tekan 00+ enter di meteran PLN punya sahabat.
  2. Nantikan sampai meteran selesai ter-reset.
  3. Kemudian, silakan masukan kembali nomor token PLN yang telah sesuai dengan nomor ID meteran punya sahabat. Periksa dengan benar-benar teliti setiap digit yang di input ke meteran.
  4. Bila pengisian tetap tidak berhasil, kemungkinan penyebabkan beberapa poin di atas.

Cara mengatasi Token listrik tidak berhasil terisi lewat PLN Mobile

  • untuk yang belum punya, silakan unduh terlebih dahulu PLN Mobile pada handphone sahabat
  • untuk yang telah mempunyai¬†silakan log-in, tetapi untuk yang belum, dapat register lebih dulu
  • Selanjutnya, kita akan disuguhi tampilan khusus aplikasi.
  • Silakan pilih menu “pangaduan” atau “Complaints”
  • Selanjunya, silakan pilih menu “keluhan kwh meter pasca dan prabayar”
  • Masukan ID Pelanggan atau Nomor meteran
  • Silakan pilih lokasi dan konfirmasi lokasi
  • Selanjutnya Photo meteran listrik yang mengalami masalah
  • isi deskripsi aduan secara lengkap sesuai masalah yang dialami
  • Terakhir klik “kirim pengaduan”

Umumnya Petugas PLN akan mengirimi pesan lewat whastapp yang berisi kode token baru sebagai pemulihan. Silakan sahabat masukan token pemulihan itu, selanjutnya masukan ulang token awal yang tidak berhasil saat dimasukkan tadi dan lihat hasilnya.

Tips menghindari kesalahan Input token listrik PLN

Untuk menghindar berbagai persoal saat input token listrik, seharusnya Beli token listrik di merchant terpercaya. Seperti pada layanan PLN Mobile, mobile bangking, aplikasi digital yang telah terdaftar di OJK, dan di due east-commerce. Ini penting untuk menghindari permasalahan karena bukti pembelian jelas.

Seharusnya membeli token listrik saat sebelum jam 23:00 atau setelah jam 01:00. ini berguna untuk menghindari Error di saat pembelian token. Karena pada jam ini PLN melakukan pemeliharaan sistem, sehingga transaksi dihentikan sementara.

Perhatikan batas waktu berlaku token. Khusus layanan PLN mobile, pembelian token berlaku 24 jam.

(Ald/tugas.guru)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *