Cara Melipat Baju dengan Cepat dan Rapi

Cara Melipat Baju dengan Cepat dan Rapi

Jakartainframe.com – Siapa pun wajib tahu cara melipat baju dengan cepat dan rapi. Pasalnya, melipat baju adalah bagian dari pekerjaan rumah yang wajib dikuasai oleh siapa saja, baik perempuan maupun laki-laki.

Masyarakat kita menganggap tugas mengurus rumah dan merapikan pakaian adalah pekerjaan perempuan. Padahal, ini adalah keterampilan mendasar yang tidak terikat gender.

Baik anak laki-laki atau perempuan, suatu saat akan keluar rumah dan harus bisa mengurus diri sendiri, bukan? Karenanya, penting untuk tahu cara melipat baju agar tempat tinggal selalu rapi.

Kenapa Perlu Cara Melipat Baju dengan Cepat?

(Tasteofhome)

Seperti halnya cara mencuci piring dan menyapu lantai, melipat baju adalah pekerjaan yang tidak ada habisnya. Bedanya, melipat kaos maupun kemeja tidak harus setiap hari, tetapi tergantung dari jadwal mencuci, apakah dua hari sekali atau lebih.

Tak jarang kita malas melipat baju karena sudah lelah dengan berbagai kegiatan sehari-hari. Padahal, baju yang tidak dilipat bisa membuat kamar tampak berantakan.

Di samping itu, baju yang disimpan begitu saja tanpa dilipat dengan rapi akan memakan tempat di lemari. Lantas, karena lemari penuh dan berantakan, kamu juga jadi sulit mencari baju saat akan memakainya, bukan? Karenanya, kamu wajib tahu cara melipat baju dengan cepat dan rapi.

Cara Melipat Baju dengan Cepat

Teknik melipat baju dengan cepat ini akan membuatmu hemat waktu. Cukup luangkan waktu beberapa menit saja, dan pakaianmu akan tersimpan dengan rapi.

Pisahkan Pakaian yang Perlu Dilipat dan Digantung

(Wasafi Laundry)

Beberapa jenis baju tidak disarankan untuk dilipat karena bisa menjadi kusut dan merusak bentuknya. Sebagai contoh, pakaian berbahan sutra, kulit, dan beludru serta pakaian berbentuk jas, gaun, dan kebaya.

Di samping itu, jaket tebal juga tidak harus dilipat karena akan memakan tempat. Terlebih kalau jaket tersebut kerap dipakai sehari-hari. Alih-alih dilipat di lemari, kamu bisa menggantungnya di coat hanger.

Untuk pakaian lain, ada baiknya dilipat dengan rapi agar terorganisir dan tidak maka tempat. Adapun pakaian yang bisa kamu lipat di antaranya sweater, kaus, kemeja, celana pendek dan celana panjang, rok, pakaian dalam, dan kaus kaki.

Cara Melipat Kaus dan Kemeja

(Goodhousekeeping)

Kaus dan kemeja memiliki struktur yang mirip dan termasuk paling mudah untuk dilipat. Berikut cara melipat baju dengan cepat untuk jenis kaus dan kemeja:

  • Hamparkan kaus atau kemeja secara terbalik.
  • Lipat sisi kiri dan sisi kanan secara simetris.
  • Tekuk bagian lengan ke arah bawah
  • Lipat bagian bawah ke atas secara simetris.

Ukuran lipatan kemeja dan kaus bisa kamu sesuaikan dengan ukuran lemari. Apabila kamu menyimpan baju di laci, ada baiknya melipat baju menjadi lebih kecil agar lebih mudah diambil.

Cara Melipat Sweater

(Uniqlo)

Berikutnya adalah cara melipat baju dengan cepat untuk pakaian jenis sweater. Teknik melipat sweater hampir sama dengan melipat kemeja dan kaus. Hanya saja, sweater  umumnya terbuat dari bahan yang lebih tebal.

Alhasil, ukuran lipatan sweater juga akan lebih besar. Agar menjadi ringkas dan rapi, kamu bisa melihat sweater menjadi dua atau tiga bagian menyesuaikan tempat penyimpanan.

Pertama, hamparkan sweater kemudian bayangkan garis vertikal di tengahnya. Lalu, lipat kedua sisi serta  lengannya. Terakhir, lipat  lagi bagian bawah  sweater menjadi dua.

Cara Melipat Celana

Cara menyimpan celana panjang bisa dilakukan dengan digantung maupun dilipat di laci. Agar makin ringkas, ada baiknya melipat celana panjang sekalipun kamu menggantungnya dengan hanger.

Cara Melipat Celana di Hanger

(Today)

Menggantung celana untuk disimpan berbeda dengan menggantung celana untuk dijemur. Pasalnya, ruangan di dalam lemari gantung terbatas sehingga harus pintar-pintar menatanya.

Untuk melipat celana di gantungan, letakkan hanger pada bagian tengah celah celana. Kemudian, tarik kedua sisi celana agar rapi dan gantungkan di dalam lemari.

Cara Melipat Celana untuk Disimpan di Lemari

(Today)

Cara kedua adalah melipat celana untuk disimpan di laci atau ditumpuk di lemari. Pertama, bentangkan celana pada permukaan rata.

Kemudian, lipat celana tepat di tengah-tengah sehingga menjadi memanjang di satu sisi. Lalu, lipat lagi dari bawah ke atas.

Jika celananya pendek, kamu cukup melipat menjadi dua. Namun, untuk celana panjang, lipatlah menjadi empat bagian agar makin ringkas. Mudah bukan melipat pakaian untuk di lemari yang sempit?

Cara Melipat Celana Dalam

(Pinterest)

Melipat pakaian membutuhkan trik tersendiri agar dapat tersimpan rapi dan mudah diambil. Ada dua cara melipat celana dalam agar menjadi ringkas, yaitu dengan digulung dan dilipat kotak.

Metode menggulung akan menghasilkan barisan celana dalam yang berjajar rapi. Pertama-tama, hamparkan celana dalam pada permukaan yang rata.

Selanjutnya, tarik kedua ujung berkaret dan lipat ke arah dalam. Terakhir, gulung celana dalam dan simpan di dalam laci.

Lipatan gulung ini membuat celana dalam tersimpan rapi dan ringkas. Karena tidak makan tempat, metode ini sangat efektif kalau kamu mengemas pakaian untuk bepergian.

Cara melipat celana dalam yang kedua adalah membentuk lipatan kotak. Cara ini lebih mudah dan cepat.

Pertama, bentangkan celana dalam pada permukaan rata, kemudian tarik kedua sisi ke arah dalam. Selanjutnya, lipat dari bawah ke atas menjadi dua bagian. Terakhir, rapikan lipatan dan masukkan ke dalam lemari.

Cara Melipat Rok

(Threadcurve)

Melipat rok bisa dibilang paling mudah karena rata-rata bentuk rok sangat simpel. Kamu hanya perlu membentangkan rok pada permukaan rata, kemudian melipatnya dari kedua sisi ke arah dalam.

Terakhir, lipat rok dari arah bawah ke atas sesuai kebutuhan. Rok pendek hanya perlu dilipat menjadi dua, tetapi rok panjang mungkin perlu dilipat menjadi tiga atau empat bagian.

Alternatif cara melipat rok yang lain adalah dengan digulung. Cara ini cocok untuk kamu yang menyimpan rok di dalam laci atau sedang packing untuk bepergian.

Namun, perlu diingat ya, beberapa model rok tidak disarankan untuk dilipat. Misalnya, rok dengan tekstur lipit sebaiknya digantung agar tidak merusak lipitannya.

Nah, itu dia beberapa cara melipat baju dengan cepat. Semoga bisa membantumu untuk mewujudkan lemari baju yang selalu tertata rapi ya!

Sumber: www.pinhome.id

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *