Banyak yang Salah Arti, Ternyata Ini Makna Kata Bahlul!

Banyak yang Salah Arti, Ternyata Ini Makna Kata Bahlul

JakartaInframe.com – Kata “bahlul” sering kita dengar sebagai kata umpatan ketika sesorang merasa kesal dengan orang lain yang diartikan “bodoh”.

Tapi ternyata ungkapan kata dari bahasa Arab itu sebenarnya bukan kata umpatan seperti yang diucapkan orang, tapi memiliki arti cerdas dan pintar.

Read More

Lalu bagaimana bisa bahlul menjadi salah diartikan oleh sebagian orang? Habib Ali Zaenal Al-Kaff menjelaskan asal muasal kata bahlul masuk ke Indonesia hingga menjadi banyak disebut-sebut dalam masyarakat.

“Dahulu para salaf (generasi awal) kita yang datang dari Hadramaut, Yaman ke Indonesia atau Nusantara (Malaysia dan sekitarnya), mereka tidak ingin mengatakan kepada anak-anak mereka yang masih kecil dengan panggilan-panggilan nakal,” jelasnya dalam sebuah majelis yang dikutip dari rekaman video di akun Instagram miliknya, Sabtu (25/4).

Habib Ali mencontohkan bahwa beda ketika saat ini yang sebagian orang mudah menyebut anak-anak mereka dengan sebutan nakal.

“Kalau zaman dahulu, mereka salaf yang datang ke Nusantara jika mereka lihat anak mereka nakal maka dikatakan ‘kamu ini pintar sekali’, ‘kamu ini bahlul’. Bahlul artinya apa….Pintar,” tuturnya.

Dia lanjut menceritakan, orang melayu melihat ini orang Arab ulama dia panggil anak dia kalau marah itu bahlul. Lalu berkesimpulan ‘Oh bodoh mungkin’. Maka bahlul menjadi kata yang artinya bodoh, padahal arti sebenarnya adalah pintar.

“Jadi kalau kita marah kepada anak, jangan marah dengan mengatakan sesuatu kalimat yang tidak baik, karena itu doa,” ucapnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *